kuliner khas dari lampung

Kuliner Khas dari Lampung Ini Bakal Buat Kangen

Diposting pada

Kuliner Khas dari Lampung – Bagi kalian yang sedang singgah di Lampung, rasanya tak lengkap kalau tak mencoba salah satu menu makanan khas dari Lampung berikut ini. Lampung memiliki banyak kuliner yang bisa memanjakan lidah dan mampu membenahi perut yang lapar keroncongan.

Dan tahukah kamu, kuliner khas dari Lampung di bawah ini juga di antaranya digunakan sebagai makanan saat terjadi perkumpulan adat maupun ajang silaturahmi lainnya.

Seperti kita ketahui, secara kultural, masyarakat Lampung mempunyai dua adat yang sedikit berbeda yaitu Lampung Sai Batin dengan Lampung Pepadun. Walau pun sedikit berbeda keduanya memiliki banyak kesamaan, salah satunya kebiasaan saling berkumpul satu sama lain seperti pernikahan putra-putri mereka, acara adat yang diselenggaraan pada waktu tertentu serta acara keagamaan.

Nah, dari acara berkumpul tersebut biasanya masyarakat Lampung dihidangkan dengan makanan khasnya, makanan yang selalu menemani saat acara berkumpul ialah Seruit, makanan ini menjadi makanan khas Lampung yang sangat terkenal dan menjadi makanan yang selalu dihidangkan saat acara berkumpul.

Dan Anda ketika di Lampung bisa menemui makanan ini dengan mudah, karena sudah banyak yang menjual. Lebih enaknya lagi, kalau Anda bisa bertamu di daerah yang masih kental dengan adat istiadat, dan memiliki tradisi memasakan kuliner khas dari Lampung dalam proses penyambutan tamunya.

Aneka Macam Kuliner Khas dari Lampung

Berikut makanan khas Lampung yang bisa kita nikmati :

1. Seruit

Seriut merupakan kuliner khas dari Lampung yang dihidangkan pada saat acara berkumpul baik keluarga besar atau pada acara-acara lainya seperti pernikahan, adat hingga keagamaan. Seruit juga biasa dijadikan sebagai makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari.

Seruit merupakan makana yang terbuat dari ikan bakar yang dicampur dengan sambar terasi khas Lampung, tempoyak atau beberapa ada yang memberi mangga. Jenis ikan yang digunakan seruit beragam, hanya saja yang digunakan adalah ikan-ikan dari sungai besar, seperti ikan balide, ikan baung, ikan layis dan berbagai ikan lainya. Tak ketinggalan lalapan juga disajikan sebagai pelengkap kenikmatan.

2. Tempoyak

Tempoyak? Kalian sudah tahu tempoyak itu apa? Kalian tahu buah durian. Nah itulah bahan dasarnya. Jadi bagi yang suka dengan durian, kalian bisa mencoba masakan khas dari Lampung yang satu ini. Tempoyak merupakan masakan yang memiliki bahan dasar buah durian yang telah difermentasi. Sejauh ini, Tempoyak sudah dikenal di berbagai wilayah baik di Indonesia maupun di negeri tentangga seperti Malaysia.

Masakan khas Lampung ini bisa kamu buat sendiri di rumah tanpa harus membeli. Untuk pembuatanya, kamu bisa menyiapkan daging durian yang tidak banyak mengandung air. Durian yang dipilih diusahakan dari durian yang memiliki kualitas super dan benar-benar sudah matang agar kualitas rasa dari Tempoyak lebih nikmat.

Setelah itu, kamu harus memisahkan daging durian dengan bijinya dan diberikan sedikit garam. Kemudian tambahkan cabe rawit secukupnya, hal ini untuk mempercepat fermentasi dan simpanlah di tempat yang tertutup rapat dan mempunyai suhu udara yang dingin, jika perlu masukan kedalam kulkas.

Setelah 2 hingga 5 hari, kamu bisa mengolahnya dengan ikan seperti Teri, Mujair, ikan mas dan ikan lainya. Jika dibuat sambal, kamu harus mencampurkan bawang putih dan merah, cabe halus atau yang telah dipotong-potong kecil, tambahkan sedikit gula untuk pengganti sedikit gula. Kemudian goreng sekitar 3 menit, setelah dirasa cukup, sambal Tempoyak siap dihidangkan dengan makanan lainya.

3. Geguduh

Geguduh memiliki cita rasa yang manis. Gegaduh merupakan makanan sejenis kue yang terbuat dari pisang yang telah dihaluskan. Makanan ini menjadi makanan yang bisa disajikan untuk tamu dan bisa dinikmati bersama keluarga saat sedang kumpul.

Untuk membuatnya tentu Anda harus menyiapkan pisang yang telah dihaluskan hingga lembut, tepung terigu, susu dan selai. Pisang dan tepung terigu diaduk hingga merata dan dicampurkan juga susu dan selai, setelah cukup merata, kemuadian bentuk sesuai dengan keinginan dan goreng sampai matang.

Pisang yang digunakan untuk membuat Gegaduh adalah pisang kepok, sedangkan jika ingin menambah aroma kuliner lebih sedap, penduduk Lampung menggunakan air sekapur sirih atau daun pandan. Nah setelah jadi, makanan siap disajikan, bisa di nikmati bersama kopi atau bisa juga digunakan sebagai hidangan acara-acara tertentu.

4. Gulai Taboh

Kuliner khas dari Lampung ini namanya Gulai Taboh. Makanan yang memiliki cita rasa cukup unik dan terbuat dari kacang-kacangan serta umbi-umbian. Kita akan menikmati masakan ini dengan rasa santan yang diolah dengan campuran kacang hijau dan tanah, dan jenis kacang lainya, kentang dan rebung pada masakan Lampung ini.

Selain itu, terdapat bahan yang akan membuatmu berasa berbeda dilidah karena terdapat juga campuran seperti daun sirih atau bahkan terasi. Perpaduan rasa manis pada ubi-ubian seperti labu dengan paduan rasa khas terasi akan menambah rasa yang beragam pada lidah kita. Makanan khas ini patut kamu coba jika berada di Lampung.

5. Umbu

Jika kamu adalah orang yang penyuka dengan makanan yang terasa pahit seperti pare, maka kamu bisa mencoba salah satu makanan pahit yang ada di Lampung. Makanan ini disebut dengan Umbu yaitu makana yang terbuat dari rotan yang masih muda kemudian direbus sampai lunak.

Setelah rotan sudah direbus hingga lunak, rotan ini biasanya dipakai sebagai bahan dasar sayur seperti oseng, bahkan bisa dinikmati seperti lalapan. Rotan muda yang telah direbus ini juga bisa digunakan untuk bahan campuran masakan lainya, agar bisa memperkaya masakan.

Makanan ini juga bisa kamu temui di beberapa daerah lainya di Indonesia dengan ciri yang berbeda, sesuai dengan adat lokal. Masyarakat Lampung sendiri menggunakan rotan muda untuk dijadikan bahan makanan sudah sejak lama, hanya saja, saat ini sudah mulai jarang kita temui karena rotan sudah mulai langka.

6. Engkak

Engkak merupakan makanan khas Lampung yang mempunyai cita rasa manis. Engkak terbuat dari bahan telur dan mentega yang diproses hingga menjadi makanan yang memiliki tekstur lembek. Makanan ini cocok disantap sebagai sarapan atau makanan ringan dipagi hari.

Daftar bahan yang digunakan Engkak ialah Tepung ketan putih, gula pasir, telur ayam, santan, susu kental manis dan mentega. Dari semua bahan tersebut dicampur dan diaduk hingga merata. Kemudian siapkan Loyang 20×20 yang telah dioles mentega dengan di alasi kertas berih yang sering digunakan untuk mengalasi masakan, panggang kue seperti halnya lapis legit. Untuk 3 lapis pertama gunakan api bawah kemudian pindah api atas, balik adonan apabila adonan telah selesai.

7. Gabing

Gabing merupakan salah masakan khas Lampung yang mungkin pernah kamu jumpai di daerah lainya. Gabing sendiri berbahan baku yang cukup unik karena terbuat dari batang kelapa yang masih muda.

8. Kue Lapis Legit

Kue yang sering kita jumpai di berbagai tempat ini merupakan kue asal Lampung yang sudah terkenal. Nah, jika kamu datang ke Lampung bisa menikmati kue yang memiliki tekstur lembut dengan cita rasa manis ini, lidahmu akan ketagihan jika sudah mencoba kue Lapis Legit.

Kue ini biasanya dinikmati untuk cemilan santai di rumah dan ditemani dengan teh hangat, bahkan bisa juga disajikan pada berbagai acara untuk menemani acara tersebut dengan hidangan kue lapis legit. Bahan untuk membuat lapis legit antara lain, telur, gula halus, susu kental manis, mentega, tepung terigu, Bumbu spekoek, vanili dan kayu manis. Untuk membuat kue ini, kamu perlu bereksperimen agar bisa mendapatkan hasil yang bagus, karena untuk membuatnya mudah-mudah sulit.

Nah itu dia, informasi mengenai kuliner khas dari Lampung yang bisa kalian nikmati. Selamat mencicipi dan menikmati setiap goyangan rasanya.

Baca : Kuliner Lampung yang Wajib Kamu Nikmati

Baca : Tempat Makan dan Jual Durian Lampung, Ini Harganya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *